Latest News

Pranata Komputer (Prakom) Dinas Kominfotik menerima kunjungan dan konsultasi Fungsional Prakom Dinas Kominfo Lombok Tengah terkait juknis dan butir kegiatan Jabatan Fungsional Pranata Komputer di. Selasa (31/05/2022).

 

Dalam kunjungan tersebut ada 3 (tiga) orang Prakom Dinas Kominfo Lombok Tengah yang merupakan penyetaraan dari jabatan administrator, tentu hal ini merupakan iklim baru dalam dinamika birokrasi yang lebih dinamis dan profesional yang siap merespon segala kebutuhan masyarakat. Selama ini, sistem kerja birokrasi dinilai tidak efektif dan tidak efisien akibat panjangnya jalur birokrasi yang harus dilalui. Oleh karenanya, dilatarbelakangi semangat untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan kinerja birokrasi, pemerintah menilai perlu adanya penyetaraan jabatan.

 

Pejabat yang terdampak kebijakan penyetaraan jabatan, pada prakteknya mereka masih diberikan kewenangan dan tanggung jawab dalam bidang tertentu sebagaimana yang melekat pada jabatan sebelumnya. Kondisi ini menambah beban pejabat yang terdampak penyetaraan. Di satu sisi, yang bersangkutan harus mengikuti iklim kerja jabatan fungsional yang berbasis kinerja perorangan dengan bukti pengumpulan angka kredit.

Kendala lain yang dihadapi yaitu mereka belum tahu apa saja juknis butir kegiatan Prakom karena ini merupakan kali pertama di Kabupaten Lombok Tengah ada Fungsional Prakom, dan juga belum ada pembentukan Tim Penilai Angka Kredit di Kabupaten Lombok Tengah.

 

Fungsional Pranata Komputer Muda Dinas Kominfotik Robert Silas Kabanga, S.Kom., M.Eng. menjelaskan untuk mengajukan penilaian angka kredit pertama kali harus di instansi pembina, dalam hal ini Badan Pusat Statistik (BPS). Untuk penilaian selanjutnya bisa mengajukan penilaian Angka Kredit di Instansi Pemerintah terdekat ataupun Pemerintah Provinsi, atau jika persyaratan sudah terpenuhi bisa mengajukan untuk pembuatan Tim Penilai Angka Kredit di Kabupaten Lombok Tengah.

 

Dinas Kominfotik NTB juga memberikan PerKBPS dan PermenpanRB terbaru untuk menjadi bahan pedoman penilaian Angka Kredit mereka.

 

#diskominfotikntb #ntbgemilang #pranatakomputer

Aduan, Kritik & Saran

4 * 7 = ?