Latest News

Persyaratan Umum

Warga Negara Indonesia;

Usia peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 September 2021; dan

Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm.

 

Persyaratan Administrasi
  1. Berijazah paling rendah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) termasuk lulusan Paket C, bagi lulusan Tahun 2018 s.d. 2021, dengan ketentuan:
    • Nilai Rata-rata Ijazah minimal 70,00 (tujuh puluh koma nol-nol) untuk Nilai Rata-rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah; dan
    • Nilai Rata-rata Ijazah bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat minimal 65,00 (enam puluh lima koma nol-nol) untuk Nilai Rata-rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah.
  2. KTP-el bagi peserta yang berusia 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP-el;
  3. Berdomisili minimal 1 (satu) tahun di provinsi tempat mendaftar secara sah terhitung pada tanggal awal pendaftaran yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan Surat Pindah (bagi yang pindah tempat tinggal) serta dokumen lain yang berhubungan dengan domisili, apabila terbukti melakukan duplikasi/pemalsuan/rekayasa keterangan akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku;
  4. Surat Keterangan Kelas XII SMA/MA yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau pejabat yang berwenang dan dicap/distempel basah, bagi siswa SMA/MA lulusan Tahun Ajaran 2020/2021;
  5. Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) khusus bagi peserta OAP yang ditandatangani oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota masing-masing dan mengetahui Ketua/Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP);
  6. Pakta Integritas;
  7. Surat Keterangan Bebas Narkoba yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Bhayangkara Polri/Badan Narkotika Nasional Provinsi/Kabupaten/Kota;
  8. Surat Keterangan Tidak Buta Warna yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah/Swasta
  9. Alamat e-mail yang aktif; dan
  10. Pasfoto berwarna ukuran foto 4x6 cm dengan menghadap ke depan dan tidak memakai kacamata, serta mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih polos dengan latar belakang merah.
Persyaratan Khusus
  1. Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
  2. Tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya bagi peserta pria, kecuali karena ketentuan agama/adat;,
  3. Tidak bertato;
  4. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak;
  5. Belum pernah menikah/kawin, bagi pendaftar wanita belum pernah hamil/melahirkan;
  6. Belum pernah diberhentikan sebagai Praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya dengan tidak hormat;
  7. Apabila pendaftar dinyatakan lulus dan dikukuhkan sebagai Praja IPDN, maka pendaftar:
    • Sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan;
    • Bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan diseluruh wilayah Negara Republik Indonesia;
    • Bersedia ditempatkan pada proses pembelajaran di seluruh kampus IPDN;
    • Bersedia mentaati segala peraturan yang berlaku di IPDN;
    • Bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN jika melakukan Pelanggaran Disiplin Praja sebagaimana diatur dalam Pedoman Tata Kehidupan Praja; dan
    • Apabila pendaftar terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen persyaratan diatas, maka pendaftar dinyatakan GUGUR.

 

Jadwal Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN Tahun 2021

NO URAIAN KEGIATAN TANGGAL KETERANGAN
1. Pelamar mendaftar secara online/daring Calon Peserta mengakses ke portal SSCASN BKN. 9 - 30 April 2021 Laman https://dikdin.bkn.go.id/
2. Pelamar membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan Tahun 2021.
3. Pelamar log in ke SSCASN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan.
4. Pelamar memilih Sekolah Kedinasan dan mengisi biodata serta mengunggah dokumen persyaratan administrasi SPCP IPDN.
5. Pelamar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek resume dan mencetak bukti pendaftaran.
6. Verifikasi dokumen persyaratan administrasi pendaftaran yang telah diunggah. 10 April s.d. 3 Mei 2021 Laman https://dikdin.bkn.go.id/
7. Pengumuman verifikasi dokumen persyaratan administrasi pendaftaran. 4 Mei 2021 Laman https://dikdin.bkn.go.id/
8. Pelamar yang memenuhi syarat verifikasi dokumen persyaratan administrasi pendaftaran melakukan pembayaran PNBP Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sesuai kode billing. Mei 2021 Bank yang ditunjuk oleh BKN (Maksimal Pembayaran PNBP SKD 7 (tujuh) hari kerja
9. Pelamar yang telah melakukan pembayaran PNBP SKD mencetak kartu ujian melalui akun masing-masing pada website SSCASN BKN. Mei 2021 Laman https://dikdin.bkn.go.id/
10. Pengumuman Peserta SKD. Juni 2021 Laman https://dikdin.bkn.go.id/ dan Laman https://spcp.ipdn.ac.id
11. Pelaksanaan SKD. Juni s.d. Juli 2021 Lokasi yang ditunjuk Panitia SPCP IPDN
12. Pengumuman Hasil SKD. Juli 2021 Laman https://dikdin.bkn.go.id
dan Laman https://spcp.ipdn.ac.id
13. Pelaksanaan Tes Kesehatan Tahap I. Juli s.d. Agustus 2021 Rumah Sakit Bhayangkara/Biddokkes POLDA
14. Pengumuman Hasil Tes Kesehatan Tahap I. Juli s.d. Agustus 2021 Laman https://spcp.ipdn.ac.id
15. Pelaksanaan Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran Juli s.d. Agustus 2021 Psikologi POLDA
16. Pengumuman Hasil Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran Juli s.d. Agustus 2021 Laman https://spcp.ipdn.ac.id
17. Pantukhir
  • Verifikasi Faktual Dokumen Persyaratan Administrasi Pendaftaran
  • Tes Kesehatan Tahap II
  • Tes Kesamaptaan dan Pemeriksaan Penampilan
Agustus 2021 Rumah Sakit Bhayangkara/Biddokkes/POLDA
18. Pengumuman Hasil Pantukhir Agustus 2021 Laman https://spcp.ipdn.ac.id
19. Registrasi Penerimaan Calon Praja September 2021 Kampus IPDN Jatinangor

 

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi web resmi di https://spcp.ipdn.ac.id/2021/

Aduan, Kritik & Saran

4 + 6 = ?